logo

Polsuspas | Tahukah Kamu ? Seringkali kita berfikir bahwa warga binaan di lembaga pemasyarak…


Tahukah Kamu ?
Seringkali kita berfikir bahwa warga binaan di lembaga pemasyarakatan itu terkurung, suram atau penuh dengan hal yang menyeramkan lainnya. Tapi tidak dengan lapas yang berada di naungan Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, justru makna pembinaan yang terkandung dalam semangat Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia menjadikan mereka terus mengembangkan diri dan berkreatifitas.
Kreatifitas itu kebebasan. Kebebasan yang dimaksud adalah mindset dan tekad baru ketika nanti kembali ke masyarakat menjadi manusia yang mampu bersosialisasi, berguna, berkarya dan berdaya. Salah satu bentuk karya warga binaan lembaga pemasyarakatan bisa kita lihat di lobby Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, ada banyak sekali karya tangan seperti : patung, kerajinan tas, lukisan dan masih banyak lagi.
Selain untuk mengubah paradigma lama tentang lapas yang menyeramkan, kini Kantor Wilayah Kemenkumham Bali juga ikut mendukung perkembangan UMKM dan kesenian.Hal ini sesuai dengan pernyataan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali bahwa : “kita sedang membina orang bukan membatasi kreatifitasnya, warga binaan tetap mempunyai hak-hak untuk berkarya. Selain itu, ini juga bentuk pengembangan UMKM yang sangat bagus sekali”. Tentunya masyarakat bisa langsung datang melihat ataupun membeli karya-karya warga binaan di lobby kantor wilayah kemenkumham bali. Kebebasan yang sebenarnya kita miliki adalah kebebasan untuk berkarya dan berbuat, kebebasan untuk berfikir dan tidak menyerah dengan keadaan. Warga binaan memberikan contoh pada kita bahwa mereka bukan sedang dipenjara tapi sedang belajar mengelola kebebasan untuk menjadi sesuatu yang berharga.
.
@kemenkumhamri
#KumhamPasti
#KemenkumhamRI
#WBPBerkarya



Source

asal berita lihat source di atas, di upload ulang oleh Polsuspas2017

One thought on Polsuspas | Tahukah Kamu ? Seringkali kita berfikir bahwa warga binaan di lembaga pemasyarak…

Leave a comment