logo

Polsuspas | Tabanan – Jumat, 3 Juli 2020 Bertempat di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Tabanan,…


Tabanan – Jumat, 3 Juli 2020 Bertempat di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Tabanan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Constantinus Kristomo didampingi Kepala Bidang Hukum, I Gusti Putu Milawati beserta tim melaksanakan koordinasi perihal Pembentukan Keluarga Sadar Hukum melalui Pos Layanan Hukum dan HAM Desa. Kegiatan rapat koordinasi dihadiri oleh Asisten I Setda Kabupaten Tabanan dan Kasubbag Bantuan Hukum Kabupaten Tabanan beserta para Camat se-Kabupaten Tabanan.
Rapat koordinasi tersebut membahas terkait Program Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali yang akan membentuk Pos Layanan Hukum dan HAM di Desa, dimana Pos Layanan Hukum dan HAM Desa adalah pos pelayanan hukum dan HAM yang pembentukaannya diawali dari pembentukan Kelompok Desa Sadar Hukum (KADARKUM) oleh PK Bapas dan Penyuluh Hukum. Di Kabupaten Tabanan terdapat 10 Kecamatan dan 133 Desa, dimana tujuan dari pembentukan Pos Layanan Hukum Desa antara lain sebagai Akses layanan hukum yang cepat yang diberikan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali ketika terdapat masalah hukum yang ada di level desa.
Pos Layanan Hukum dan HAM Desa nantinya akan memberikan pelayanan sama seperti Layanan Call Center Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, antara lain informasi hukum, konsultasi hukum, pengaduan masyarakat, bantuan hukum, konsultasi terkait pemasyarakatan, layanan asistensi pendaftaraan KI maupun pendaftaran AHU.
Tim Penyuluh Hukum dan PK Bapas juga bertugas sebagai pendamping pembentukan pos layanan Hukum Desa dan pembentukan Desa Sadar Hukum di Kabupaten Tabanan.



Source

asal berita lihat source di atas, di upload ulang oleh Polsuspas2017

Leave a comment