logo

Polsuspas | DENPASAR – Hari ini, Senin (27/7/2020) Bertempat di Ruang Arjuna Kantor Wilayah …


DENPASAR – Hari ini, Senin (27/7/2020) Bertempat di Ruang Arjuna Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali telah berlangsung kegiatan Video Teleconference Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR! dan Pelayanan Publik melalui Aplikasi SIPPN. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk yang didampingi Kepala Divisi Administrasi, Faisol Ali.

Rangkaian kegiatan diawali dengan laporan pelaksanaan oleh Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama, Bpk. Pagar Butar Butar dimana Beliau menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini setidaknya dapat memperkuat komitmen para pimpinan di satuan kerja masing-masing dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang pengelolaan pengaduan dan pemberian informasi pelayanan publik. Pengelolaan LAPOR! dan SIPP memegang peranan penting dalam penilaian mandiri reformasi birokrasi khususnya area pengawasan dan peningkatan pelayanan publik. Jumlah laporan masyarakat yang masuk ke Kementerian Hukum dan HAM melalui aplikasi LAPOR! setiap tahunnya semakin bertambah. Tahun 2018 sebanyak 3.918 aduan, tahun 2019 jumlah aduan melonjak menjadi 4.085. Kenaikan laporan ini mengindikasikan bahwa masyarakat semakin “melek teknologi” dan menyadari bahwa masyarakat dapat menjadi pengawas bagi jalannya pemerintahan. Karena itu, pengelolaan LAPOR! tidak bisa dijadikan sekadar tugas tambahan namun melekat pada setiap satuan kerja kehumasan.

Seusai laporan KaBiro Humas,Hukum dan Kerjasama, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Bpk. Bambang Rantam Sariwanto. Disampaikan bahwa latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima. Namun pada kenyataannya, pelayanan publik masih dihadapkan pada kondisi yang belum sesuai dengan kebutuhan dan perubahan di berbagai bidang kehidupan bermasyarakat.
.
(Bersambung di kolom komentar)



Source

asal berita lihat source di atas, di upload ulang oleh Polsuspas2017

One thought on Polsuspas | DENPASAR – Hari ini, Senin (27/7/2020) Bertempat di Ruang Arjuna Kantor Wilayah …

  1. Sehingga, pengelolaan pengaduan terhadap pelayanan publik yang merupakan salah satu variabel reformasi birokrasi dibidang Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dapat terlaksana dengan baik.

    Disamping itu, Beliau juga memberikan apresiasi terhadap kinerja pengelola aplikasi LAPOR! di Kementerian Hukum dan HAM dimana Kementerian Hukum dan HAM terpilih sebagai TOP 25 Kementerian/ Lembaga/ Pemda Pengelola LAPOR! Terbaik. Selain itu, Kementerian Hukum dan HAM terpilih mewakili pemerintah Republik Indonesia untuk berbagi pengalaman terkait pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Manila, Filipina beberapa waktu lalu. “Capaian tersebut tidak mungkin kita raih tanpa adanya kerja keras segenap pengelola LAPOR! Kementerian Hukum dan HAM yang tersistematis dari pusat sampai ke daerah”, ucap Bambang Rantam Sariwanto. Selepas memberikan sambutan, Sekjen Kemenkumham RI membuka secara resmi Kegiatan Teleconference Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi LAPOR! dan Pelayanan Publik melalui Aplikasi SIPPN, dilanjutkan dengan pemaparan Arah Kebijakan dan Pengembangan SP4N-LAPOR! dan SIPPN oleh Narasumber, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
    .
    #KumhamPasti
    #KumhamPastiProduktif
    #LAPOR!
    #SIPPN

Leave a comment