logo

Polsuspas | BALI – Tim Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Provinsi Bali, Kamis dan Jum’at (23…


BALI – Tim Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Provinsi Bali, Kamis dan Jum’at (23-24/07/2020), melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai. Sidak dilakukan oleh seluruh tim Pokja yang terdiri dari Ombudsman, Kejaksaan Tinggi Bali, Kementerian Hukum dan HAM Bali, Polda Bali, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bali, dan tim daerah.
Sidak dilakukan untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi sebelumnya, sebagai bagian pencegahan pungutan liar (pungli) di tempat keluar-masuk Pulau Bali yaitu Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padang Bai. Kegiatan di fokuskan pada tiga (3) titik pos dengan tiga (3) Tim. Yakni pos I adalah pengecekan identitas diri (KTP) dan surat keterangan sehat berbasis rapid tes, pos kedua adalah layanan rapid tes bagi warga yang akan keluar Bali dan bagi pendatang yang tidak membawa surat keterangan sehat berbasis rapid tes, dan pos ketiga adalah pelayanan ASDP.
Kemenkumham Bali menjadi salah satu tim pokja menyampaikan bahwa : “Sidak ini harus rutin digelar, ketika masyarakat melaporkan suatu bentuk dugaan pungutan liar, kita akan bersama bergerak bersinergi untuk memastikan hal tersebut. Jangan sampai praktik yang melanggar standart operasional prosedur (SOP) terjadi. Pemerintah Provinsi Bali dan desa adat terus berkoordinasi untuk memastikan peraturan protokol kesehatan harus dijalankan dengan baik agar Covid-19 semakin menurun khususnya di Bali. Untuk itu harus lengkap persyaratannya, Kalau ingin masuk Bali harus memakai dokumen rapid test, harus ada dokumen identitas yang benar, jangan sampai yang tidak punya bisa lolos dengan membayar senilai tertentu”.
Setelah melakukan Sidak, tim tidak menemukan praktik dugaan pungutan liar. Namun, masyarakat dihimbau untuk terus mengawasi dan melaporkan apabila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan SOP. Sementara itu, seluruh tim pokja juga memberikan arahan kepada petugas di pos-pos yang ada di Pelabuhan Gilimanuk untuk terus menjaga integritas, disiplin dan memberikan pelayanan publik yang prima. Jangan sampai ditengah pandemi yang ada, kita justru membuat masyarakat lebih susah lagi dengan praktik pungutan liar.



Source

asal berita lihat source di atas, di upload ulang oleh Polsuspas2017

Leave a comment